Hai-Hai,..
Assallamualaikum
wr.wb
Sebelumnya
terimakasih, sudah menyempatkan waktunya untuk singgah di blog kami. Semoga apa
yang sedang anda cari dan butuhkan saat ini bisa terbantu dengan cukup belajar
membaca dari artikel singkat yang kami suguhkan ini.
Ok,
mungkin langsung saja ke topik pembahasanya kali ini. hehehe,.dari pada terlalu
banyak openingnya,...boom.cekidot..???(please baca sampai selesai)
Apa
itu Public Relations,..ada yang
tahu,..???
Dengan
jelas saya pastikan anda pasti tidak tahu.
Karna
kali ini anda sedang membutuhkan
informasi mengenai apa yang di maksud Public
Relations. Ok, maka dari itu puthune mbah google akan kasih tahu definisi
dari Public Relations., (anggap aja lucu yach,..)
Serius,....
Istilah
Public Relations sering diartikan
menjadi Hubungan Masyarakat atau sering
kita dengar yaitu Humas. Banyak yang beranggapan Public Relations dengan
Hubungan Masyarakat (Humas) itu sama, padahal jika di telisik lebih jauh
keduanya memiliki sedikit perbedaan. Loh ! bukanya cara kerjanya sama saja ya.?
Ya, ada benarnya juga ketika ada yang berpendapat seperti itu, karena realita
yang saat ini terjadi mungkin sama, namun hal itu kurang tepat dan mungkin perlu di
pahamkan kembali.
Arti kata “Public” dalam Public
Relations berbeda dengan kata “Masyarakat” dalam Hubungan Masyarakat.
Istilah masyarakat itu terlalu luas, sedangkan public (publik) hanyalah bagian dari masyarakat yang luas itu. Jika
publik itu merupakan sekumpulan orang atau kelompok dalam masyarakat yang
memiliki kepentingan atau perhatian yang sama terhadap sesuatu hal. Dengan
adanya kepentingan yang sama itulah yang mengikat anggota publik satu sama
lain.
Selain
itu banyak juga para ahli yang
mendefinisikan arti dari Public
Relations.
Frank Jefkins
“Public Relations is a system of
communication to create a good-will:Public Relations adalah sebuah sistem
komunikasi untuk menciptakan niat baik”.
Grunig & Hunt
“Public Relations adalah manajemen
komunikasi antara organisasi dengan publiknya”.
Cutlip, Center & Broom
“ Public Relation adalah fungsi
manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat
antara organisasi dengan public yang memengaruhi kesuksesan atau kegagalan
organisasi tersebut”
Nah
,dari beberapa pengertian menurut para ahli di atas sudah cukup memberikan petunjuk jelas. Selain
itu, beberapa pengertian diatas juga dapat memunculkan konsep-konsep penting
ketika kita membahas mengenai Public
Relations. Konsep-konsep tersebut antara lain yaitu karakteristik Public Relations, tujuan, fungsi,
bidang, pekerjaan maupun alat-alat yang digunakan public relations dalam beraktivitas. Namun mengenai konsep-konsep
tersebut tidak akan saya sampaikan pada topik pembahasan kali ini, dan semoga saja dapat di sampaikan lain
waktu.
Ok,mungkin
itu saja artikel singkat yang dapat saya share
kepada anda, jika ada salah dan kurang berkenan di hati anda mohon maaf dan
kiranya kurang memuaskan silahkan beriteraksi dan comentar di tempat yang sudah
disiapkan. Wassallamualaikum wr.wb
Jika ingin pintar,jangan lupa baca buku !!!
0 comments:
Posting Komentar